Katup Termostat
Katup
termostat berfungsi untuk menahan air pendingin bersirkulasi pada saat
suhu mesin yang rendah dan membuka saluran adri mesin ke radiator pada saat
suhu mesin mencapai suhu idealnya. Katup termostat biasanya dipasang pada
saluran air keluar dari mesin ke radiator yang dimaksudkan agar lebih
mudah untuk menutup saluran bila mesin dalan keadaan dingin dan mebuka saluran
bila mesin sudah panas.
Cara kerja
katup termostat adalah sebagai berikut
Pada saat suhu air
pendingin rendah katup tertutup atau saluran dari mesin ke radiator terhalang
oleh wax (lilin) yang belum memuai. Bila suhu air pendingin naik sekitar 80
sampai dengan 90 derajat Celcius maka lilin akan memuai dan menekan karet.
Karet akan berubah bentuk dan menekan poros katup. Oleh karena posisi poros
tidak berubah maka maka karet yang sudah berubah tersebut akan membawa katup
untuk membuka.
Katup termostat pada saat suhu 80-90 ºC
Untuk menghindari terjadinya tekanan air yang
tinggi pada saat katup termostat tertutup, pada saluran di bawah katup
dibuatkan saluran ke pompa air yang dikenal dengan saluran pintas (by pass).
Cara kerja katup by pass pada termostat dapat
dilihat pada sistem pendingin mesin pada saat dingin dan panas.
Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
ReplyDeleteJika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.
Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)