Cara Periksa Magnetic Clutch atau Kopling Magnet

Kopling magnet pada kompresor ac mobil berfungsi untuk mengubungkan putaran mesin melalui puli kompressor. Pada gambar kompresor ac mobil di atas terdapat puli, armature assembly atau center piece serta terdapat gulungan spull di dalam puli, secara bersama di sebut sebagai magnetic clutch assy atau kopling magnet ac mobil.


Pemeriksaan untuk kopling magnet ini bisa dilihat secara fisik diantaranya armature assembly atau center piece tertarik oleh magnet ketika ac hidup, perhatikan gerakan saat terhubung apakah langsung terhubung atau selip terlebih dahulu. Perhatikan pula bunyi saat terhubung apakah terdengar keras atau lemah.
Kalau saat terhubung terdengar bunyi keras besi sama besi berati telah terjadi keausan permukaan armatur assembly dengan permukaan puli, atau terdapat jarak atau celah yang terlalu jauh (lihat gambar kompresor diatas). Dan akibat dari jarak yang terlalu jauh akan membawa akibat kadang terhubung dan kadang tidak terhubung terutama jika suhu kompresor sudah panas, karena kemampuan magnet untuk menarik center piece berkurang saat panas.
Dan hal ini kita akan merasakan ac kadang mati dan ac kadang hidup sebagai akibat celah antara center piece dan permukaan puli yang terlalu jauh. Jarak antara puli dan center piece yang baik berada di antara 0,25mm sampai 0,5mm.
Jarak atau celah center piece dengan permukaan puli kompresor diatur oleh ketebalan ring plat yang digunakan antara center piece dengan shaft atau as kompressor. Berubahnya jarak ini biasanya karena memang sudah waktunya penggantian spare part ac tersebut.
Hal diatas disebabkan karena pada saat ac mobil dihidupkan permukaan center piece yang diam secara tiba-tiba terhubung dengan permukaan puly yang berputar terus-menerus. Dan ini terjadi setiap ac mobil on dan off, tentu saja terdapat masa pakainya.
Jarak antara puli dan center piece yang terlalu jauh dengan tanda bunyi keras saat center piece terhubung pada beberapa merek kompressor ac juga mengakibatkan armature assembly bisa putus pada plat pegas,disamping itu jika jarak terlalu jauh kemungkinan kemagnetan dari magnetic clutch tidak sanggup menarik center piece saat kondisi panas.

Comments

Popular posts from this blog

Benefit wireless charging

Lampu FOG (lampu kabut)