Toyota FCV

FCV



Toyota Motor Corporation mengobati rasa penasaran peminat mobil hydrogen di seluruh dunia dengan merilis desain eksterior Toyota FCV. Toyota juga merilis harga sedan itu untuk pasar Jepang.
Menurut rencana mobil itu diluncurkan di Jepang sebelum April 2015. Sementara  pasar AS dan Eropa pada musim panas 2015.  Persiapan peluncuran sedang dilakukan secara intensif. Di Jepang, sedan fuel cell akan mulai dijual di dealer Toyota dan Toyopet, harga sekitar ¥ 7.000.000 (sekitar Rp 830 juta, harga belum termasuk pajak). Untuk tahap awal, penjualan dibatasi di kawasan  yang sudah dilengkapi infrastruktur pengisian bahan bakar hidrogen, seperti Saitama Prefecture, Chiba Prefecture, Tokyo Metropolis, Kanagawa Prefecture, Yamanashi Prefecture, Aichi Prefecture, Osaka Prefecture, Hyogo Prefecture, Yamaguchi Prefecture, dan Fukuoka Prefecture. Untuk versi Amerika Serikat dan Eropa, harga belum diputuskan. Demikian juga, informasi lebih rinci, seperti spesifikasi, dan target penjualan, akan diumumkan kemudian. 

Komitmen Toyota untuk kendaraan ramah lingkungan didasarkan pada tiga prinsip dasar: memanfaatkan sumber energi yang beragam; meningkatkan efisiensi sekaligus emisi kendaraan yang rendah; dan mendorong perubahan lingkungan yang nyata dan positif dengan mempopulerkan kendaraan ini.

Hidrogen merupakan bahan bakar alternatif yang sangat menjanjikan karena dapat diproduksi dengan menggunakan berbagai sumber energi primer, termasuk tenaga surya dan angin. Ketika dikompresi, ia memiliki kepadatan energi yang lebih tinggi daripada baterai dan lebih mudah untuk menyimpan dan transportasi. Selain potensinya sebagai bahan bakar untuk rumah dan penggunaan otomotif, hidrogen dapat digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk pembangkit listrik skala besar.
Sedan berteknologi fuel cell hidrogen ini, diperkenalkan pertamakali dalam bentuk konsep di Tokyo Motor Show tahun lalu. Sedan ini buah dari kerja keras Toyota mengembangkan teknologi ini selama lebih dari 20 tahun. Sejak 2002 Toyota mulai menyewakan Toyota FCHV, SUV fuel cell secara terbatas di Jepang dan Amerika Serikat.

Fuel cell adalah tempat dimana reaksi antara hydrogen dan oksigen menghasilkan air dan energi listrik. Kumpulan fuel cell di sebut fuel cell stack. Energi listrik yang dihasilkan fuel cell stack disimpan dalam baterai. Bahan bakar hydrogen di simpan dalam tangki bertekanan tinggi.Perbaikan signifikan dilakukan sejak 2002, seperti daya jelajahnya bisa mencapai 700 km  (pengukuran Toyota berdasarkan standar JC08 siklus tes Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang) dan waktu pengisian bahan bakar kira-kira tiga menit. Ini jauh lebih menarik dari mobil listrik dimana jarak jelajah dan waktu recharging jadi kendala utama.
Kendaraan dengan teknologi ini tidak memancarkan CO2 atau zat-zat berbahaya lingkungan selama digunakan, karena hanya uap air sisa reaksinya. Namun menawarkan kenyamanan mobil bertenaga bensin.Toyota yakin teknologi ini bakal diterima oleh masyarakat. Perusahaan-perusahaan Toyota juga terlibat aktif dalam pengembangan  dan pengujian fuel cell untuk aplikasi di rumah tangga,  di bus dan forklift.

Comments

Popular posts from this blog

Benefit wireless charging

Cara Periksa Magnetic Clutch atau Kopling Magnet

Lampu FOG (lampu kabut)