Komponen Mesin Mobil
1. Busi
Spark plug atau yang kita sebut dengan busi adalah komponen dari sistem elektrik yang menghasilkan percikan api untuk membakar campuran minyak dan udara. Busi harus selalu dalam kondisi bagus untuk menghasilkan pembakaran yang sempurna.
2. Katup ( Valve )
Katup inlet terbuka bila campuran minyak dan udara di ruang pembakaran, sementara katup buang tertutup. Kedua valve akan tertutup selama proses kompresi dan pembakaran terjadi. Exhaust valves terbuka setelah pembakaran sempurna bertujuan untuk menghilangkan asap melalui knalpot .
3. Piston
Silinder piston terbuat dari besi. Ini akan bergerak naik - turun di di dalam mesin mobil.
4. Ring Piston
Fungsi Ring piston adalah sebagai pelindung geseran antara piston dan silinder.
Fungsi Ring:
• mencegah masuknya campuran minyak dan udara di dalam ruang pembakaran selama mesin bekerja.
• Mencegah masuknya oli mesin ke daerah pembakaran, di mana hal ini dapat menyebabkan oli mesin berkurang. Kebanyakan oli mesin mobil akan habis dan perlu ditambahkan setiap 1.000 mil sejak mesin sudah tua dan ring tidak lagi menutup dengan benar.
5. Connecting rod
Menghubungkannya ke crankshaft . Pergerakan crankshaft akan menyebabkan piston bergerak naik-turun.
6. Crank shaft
Crankshaft mengerakan piston naik - turun secara konstan.
7. Camshaft
Camshaft adalah peralatan yang digunakan dalam mesin piston untuk membuka dan menutup valve. Ini terdiri dari batang silinder di mesin dengan beberapa cam berbentuk oval , satu untuk setiap valve. Cam membuka katup "valve" dengan mendorong atau mengunakan mekanisme , ketika sedang berputar.
Comments
Post a Comment