EFI



Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, sistem EFI terdiri dari 3 sistem utama, yaitu Sistem Bahan Bakar, Sistem Induksi Udara dan Sistem Kontrol Elektronik. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu-persatu.

1. SISTEM BAHAN BAKAR

dalam sistem EFI, bahan bakar harus harus dibuat bertekanan, sehingga bahan bakar yg masuk ke injector dapat dikabutkan dengan baik, agar pembakaran lebih optimal. Untuk itu bahan bakar harus dipompa dari tangki melewati saringan dan menuju delivery pipe (pipa penyalur). didalam delivery pipe ini tekanan bahan bakar diatur oleh pressure regulator agar tekanan selalu konstan, dan jg pulsation damper untuk meredam getaran bahan bakar saat penginjeksian. selanjutnya bahan bakar diinjeksikan ke dalam intake manifold sesuai dengan signal dari EFI komputer. beberapa ada yang dilengkapi dengan Cold Start Injection, penginjeksian bahan bakar langsung ke air intake chamber saat cuaca dingin sehingga mesin dapat di hidupkan dengan mudah (kalo di Indonesia mah jarang yg pake ini, coz ga ada musim dingin).

2. SISTEM INDUKSI UDARA
udara bersih dari saringan udara masuk ke air flow (disini ntar jumlah udara di itung berdasarkan kecepatan alirannya, ini untuk yg L-EFi), melewati thorttle body, masuk ke intake chamber, kemudian keruang bakar. banyaknya udara masuk sesuai pembukaan thorttle body(tergantung nge-Gas nya). kalo kondisi dingin, udara di bypass melalui air valve langsung ke intake chamber tanpa melalui thorrtlle body. Di sistem D-EFI, jumlah udara dihitung berdasarkan kevakuman pada intake chamber(pakenya Manifold pressure sensor)

3. SISTEM KONTROL ELEKTRONIK
ini yang penting, karna dah EFI jadi pakenya komputer. tugasnya mengatur lama waktu dari injektor bekerja, sehingga pembakaran mesin dapat dibuat optimal berdasarkan kondisi pengendaraan, baik beban, kecepatan, maupun suhu mesin (tinggal gas aj, ntar biar komputer yg mikir bensin nya). Komputer mengatur kerja injector berdasarkan input dari beberapa sensor, ada sensor udara, temperatur air pendingin, kecepatannya, dan banyak lagi. pada sirkuit komputer EFI, biasanya dilengkapi Main Relay untuk mencegah turunnya tegangan dan mengontrol kerja dari pompa bensin.


Comments

Popular posts from this blog

Benefit wireless charging

Cara Periksa Magnetic Clutch atau Kopling Magnet

Lampu FOG (lampu kabut)