Pencegahan Bahaya Kebakaran




Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para personil di bengkel untuk menghindari bahaya terjadinya kebakaran. Beberapa hal yang dapat dilakukan adalah:
§  Jangan merokok kecuali di tempat yang telah ditentukan, dan pastikan untuk mematikan puntung
rokok di asbak.

§  Kain-kain yang direndam dalam bensin atau oli kadang-kadang dapat menyala akibat pembakaran yang spontan. Oleh karena itu, benda-benda tersebut harus dibuang ke dalam wadah logam yang dilengkapi dengan penutup.

§  Jangan menggunakan api terbuka di area sekitar tempat penyimpanan oli atau larutan pembersih part yang mudah terbakar.

§  Jangan pernah menggunakan api terbuka atau menciptakan bunga api di area sekitar baterai yang sedang diisi, karena gas yang dikeluarkan dapat dengan mudah meledak bila terkena api.
§  Jangan membawa bahan bakar atau larutan pembersih ke dalam bengkel kecuali bila perlu, dan gunakan wadah khusus yang dapat ditutup.
§  Jangan membuang oli-oli bekas yang mudah terbakar ke dalam saluran air karena dapat menimbulkan api di sistem saluran air. Material-material tersebut harus selalu dibuang ke dalam tangki kering atau wadah yang tepat
§  Jangan menghidupkan mesin kendaraan bila mengalami kebocoran bahan bakar sampai kebocoran tersebut selesai diperbaiki. Saat memperbaiki sistem bahan bakar, lepaslah karburator, kabel negatif  (-) dari baterai untuk mencegah agar mesin tidak hidup secara tidak disengaja.

Comments

Popular posts from this blog

Benefit wireless charging

Cara Periksa Magnetic Clutch atau Kopling Magnet

Lampu FOG (lampu kabut)