Suspensi Udara
AIR SUSPENSION (SUSPENSI UDARA)
Air suspension, atau suspensi mobil
dengan bantalan udara digunakan sebagai penopang bantingan dan pengganti fungsi
per. Awalnya, sistem ini diperkenalkan oleh General Motors(Bus) sekitar tahun
1958. Hingga kini penggunaanya banyak diaplikasi oleh berbagai mobil, bus dan
trailer. Berkat adanya bantalan udara, tekanan angin dapat diatur seusai bobot
terhadap ketinggian kendaraan. Tentunya diperlukan peranti pompa udara dan
tabung penyimpana, sebelum disuntikan masuk lewat katup selenoid.
CARA
KERJA AIR SUSPENSION (SUSPENSI UDARA)
Sistem suspensi bus didesain dan
dibuat untuk memberikan kenyamanan, kepuasan, pengendalian yang prima, dan aman
baik bagi pengemudi, penumpang, juga kendaraan lain. Untuk bus biasa dikenal
sistem pegas daun besi. Sistem suspensi ini terdari atas lembaran besi yang
disusun sedemikian rupa, untuk memeroleh kestabilan dan berkendara.Untuk
memberikan kenyamanan sehingga didapat rasa lembut dalam meredam guncangan,
dalam kendaraan dikembangkan sistem suspensi udara. Sistem suspensi udara
menggunakan balon yang berisi udara untuk suspensinya,. menggantikan pegas
besi,. sehingga diperoleh performa dan pengendalian yang lebih baik.
Air suspension memiliki sistem kerja
yang dimulai dari kompresor yang menyuplai udara ketabung, lalu dari tabung
dibagi ke kaki-kaki lewat selenoid yang dihubungkan lewat selang udara. Pada
air suspension pasti terdapat tombol beserta indikator untuk mengatur naik
turunnya air suspensi sesuai keinginan dan mengontrol persediaan udara dalam
tabung pada keempat roda, sebaiknya untuk tombol pengaturnya ditaruh didepan
dashboard atau di sesuaikan keadaan kedudukan interior, yang terpenting adalah
agar tombol pengatur mudah dijangkau pengemudi.
JENIS-JENIS AIR SUSPENSION
Adapun jenis air suspension, yaitu :
1.Type Strut (Air Suspension
Silinder)
Type ini
shock absorber dengan per-nya jadi satu. Kelebihan Untuk model silinder,
karena bentuknya yang ramping, maka jenis ini lebih banyak dan cocok
dipergunakan pada mobil-mobil mempunyai celah sempit semacam sedan, sedangkan
kekurangannya tipe ini memiliki bantingan yang lebih keras.
Untuk proses aplikasi atau
pemasangannya pun bisa dibilang tidak rumit, yang pasti pertama-tama harus
dilihat terlebih dahulu tipe / jenis mobilnya apa dan juga jenis suspensi
awalnya serta kedudukannya (Mounting). Karena Komponen-komponen utamanya air
suspension sendiri adalah terdiri dari selang, tabung, kompresor, selenoid dan
juga pressure gauge, jadi perlu dipikirkan juga untuk penempatan-penempatannya
terutama kompresor. Yang pasti untuk pemakaiannya cukup disesuaikan dengan
kondisi jalanan dan kebutuhan dari pengemudi. Jenis, model dan brand dari air
suspension pun ada banyak dan kebanyakan dengan model bolt-on alias tinggal
pasang. Tapi ada juga dibeberapa tempat, biasanya rumah Modifikasi yang
menggunakan model custom alias ada beberapa perangkat yang menggunakan brand
sendiri. Untuk harga model custom dipatok harga ±17.5 juta itu sudah termasuk
pemasangannya, sedangkan untuk model bolt-on harga yang dipatok ±30 juta. Waktu
pemasangannya, di bengkel SAS sendiri butuh waktu kira-kira 2 minggu.
2.
Type Bag (Air Suspension Balon)
Kelebihan untuk air suspension jenis
balon bisa dibilang bantingannya (Rebound) lebih terasa empuk (Soft)
dibandingkan dengan yang model air silinder, sedangkan kelemahannya air
suspensi jenis terutama jika ingin diaplikasikan pada celah suspensi mobil yang
sempit seperti jenis sedan atau city car, karena bentuknya agak melebar dan
terbuat dari karet, di khawatirkan akan bergesekan dengan dinding di liang
suspensi sehingga dapat menyebabkan kebocoran. Jadi lebih banyak digunakan pada
mobil berbobot besar seperti jenis SUV.
Type ini antara shock absorber
dengan per-nya terpisah.Pemasangan air suspension sebagai pengganti fungsi per
daun atau per keong pada suspensi standar umumnya disediakan dalam satu
perangkat komplet untuk instalasi. Seperti digunakan pada pengganti per keong
yg terpisah dari shock(bukan coil over shock). Perangkatnya, selain Komponen
utama(kompresor, tabung, selenoid dan selang), bantal pengungkit ketinggian
langsung menggantikan posisi per aslinya.
Air suspension sendiri tidak perlu
perawatan, yang perlu dirawat adalah tabung penampung air pada kompresor dengan
cara dibuang air-nya seminggu sekali. Selain itu karet balon dari air
suspension juga perlu untuk diperiksa kondisinya. Sebaiknya karet balon meski
tidak mengalami kerusakan, setelah 3 tahun diganti agar tetap layak untuk
dipakai harian, karena bahan karet lama-kelamaan dapat mengeras dan retak,
sehingga dapat terjadi kebocoran. Untuk tabung air suspension sendiri tidak
perlu perawatan, karena seandainya bocor-pun masih bisa diperbaiki dengan
mengganti seal tabungnya.
Sebagai perangkat standar yg
digunakan dalam suspensi mobil pabrikan. Pemakaianya diatur sesuai kondisi
jalan dan kebutuhan pengemudi. Seperti yang digunakan pada Range Rover,
Ketinggian mobil dapat dibuat hingga lima posisi. Dari posisi paling tinggi
Mengubah
posisi terendah, yaitu access dapat dilakukan saat mobil berhenti. Tujuanya,
untuk memudahkan penumpang untuk masuk ke dalam kabin. Setelah pintu tertutup
semuanya, kendaraan yg sedang berjalan, otomatis dapat kembali pada posisi
standar. Setelah mobil melaju pada kecepatan tinggi (diatas 96km/jam) sejauh
3.2 km.Ketinggian mobil otomatis dapat turun menjadi lebih rendah atau pindah
pada posisi Highway. Setelah kecepatan kembali turun (dibawah 96km/jam)
sejauh 800meter, ketinggian kembali pada posisi standar.
Berbeda setelah tombol High ditekan dari kendaraan berhenti. Ketinggian dapat dipertahankan setelah kecepatan masih dibawah 32km/jam. Jika lebuh, komputer pengatur suspensi akan mengembalikan ketinggian posisi suspensi ke standar. Terkecuali, saat mobil dengang ketinggian High, salah satu band terpelosok masuk ke dalam lubang. Akan terpantau oleh sensor ketinggian dari masing" rodanya,untuk minta komputer mengubah ketinggian suspensi menjadi Extended.Alias posisi paling tinggi, hmm..smart.
Merawat komponen suspensi pada Range Rover ini ternyata relatif mudah, selain pemeriksaan komponen secara rutin, saringan udara yang dihisap sebelum masuk kedalam tabung diganti sekitar satu tahun. Selain dipakai Range Rover, air suspension juga digunakan pada mobil Toyota Harrier 3.0 dan 3.5, Lexus LS400 dan LX470. Model pengaturan berbeda dengan Range Rover, namun diatur sesuai kondisi jalan.
Sistem suspensi sangat dibutuhkan
untuk memberikan kenyamanan, kepuasan, pengendalian yang prima, dan aman baik
bagi pengemudi, penumpang, juga kendaraan lain. Cara kerja dari sistem suspensi
udara lebih rumit dibandingkan dengan sistem suspensi biasa. Tetapi sistem
suspensi udara memberikan kenyamanan yang lebih sehingga didapat rasa lembut
dalam meredam guncangan.
Kita harus menggali informasi, ilmu
pengetahuan dan teknologi yang ada dan mampu memanfaatkanya dengan
sebaik-baiknya dalam kehidupan sehari-hari untuk memperluas pengetahuan kita.
Alangkah baiknya guru pembimbing
memberikan materi yang lebih dengan sistem pembelajaran yang lebih menarik dan
tidak monoton , terlebih dapat mengoptimalkan antara otak kanan dan otak kiri.
Comments
Post a Comment