Perbedaan Mesin VTEC dan i-DSI pada Mobil Honda
Apa perbedaan mesin VTEC dan i-DSi? Keduanya
sama-sama teknologi dari ATPM Honda namun memiliki karakter dan cara
bekerja yang berbeda. Secara singkat bisa dikatakan fokus kedua
teknologi ini antara lain: VTEC adalah Tenaga dan i-DSI adalah
efisiensi.
VTEC (Variable
valve Timing and lift Electronic Control) adalah teknologi yang
menggabungkan elektronika dan mekanisme untuk mengatur waktu buka katup
masuk (intake) sehingga kecepatan masuk campuran antara bahan
bakar dan udara tetap terjaga dalam setiap rentang putaran mesin. Mesin
ini dirancang untuk dapat meningkatkan performa dibandingkan efisiensi
yang mampu mencapai torsi puncak pada rpm tinggi. Tapi, masih tetap
menawarkan kombinasi yang bagus baik untuk performa maupun hemat bahan
bakar. Untuk Honda Jazz VTEC Compression Ratio nya adalah 10.4:1.
Sedangkan i-DSi (Dual
& Sequential Ignition) adalah metode pemantikan dua buah busi dalam
setiap silinder dimana dalam teknologi lainnya hanya digunakan satu
buah busi. Jadi saat proses pembakaran di silinder terjadi dua kali
percikan busi dalam waktu berbeda yang berurutan (sequential). Cara
seperti ini menjadikan pembakaran lebih sempurna. Teknologi i-DSI mampu
membuat mesin menghantarkan torsi tinggi pada setiap rpm, membuat
efisien/hemat bahan bakar dan mengeluarkan emisi gas buang yang lebih
bersih. Untuk Honda Jazz i-DSI Compression Ratio nya adalah 10.8:1.
Dengan Compression Ratio sebesar ini i-DSI bisa dibilang "anti ngelitik"
alias tidak mudah mengalami knocking berkat sistem double spark ignition itu sendiri.
Jadi
kalau anda bandingkan antara Honda Jazz VTEC dan i-DSi keduanya
sama-sama memiliki 4 buah silinder namun Honda Jazz VTEC memiliki empat
(4) buah busi sedangkan i-DSi memiliki delapan (8) buah busi.
Comments
Post a Comment