Cara penggantian cairan pendingin mesin



Cara penggantian cairan pendingin mesin

Cairan pendingin pada mesin berfungsi untuk mengatur temperatur mesin agar selalu pada suhu kerja mesin yaitu 80° - 90°C suhu air pendingin. Cairan pendingin yang tersedia saat ini  dilengkapi dengan beberapa zat additif. Zat additif ini akan mencegah timbulnya karat pada mesin, membersihkan sistem pendinginan, serta mencegah terjadinya pembekuan pada sistem pendingin.
Seiring dengan waktu penggunaan mobil tersebut, performa cairan pendingin ini akan menurun dan bahkan berkurang jumlahnya. Untuk itu perlu dilakukan penggantian secara berkala. Bagi Anda yang mau mencoba melakukannya sendiri, berikut ini adalah cara penggantian cairan pendingin pada mesin :


  1. Parkirkan mobil ditempat yang rata.Pastikan kunci kontak dalam posisi off. Hal ini untuk mencegah motor kipas pengingin bekerja sewaktu dilakukan penggantian cairan radiator.
  1. Lakukan pada saat cairan pendingin dalam kondisi dingin, untuk mencegah terjadinya cidera saat pengantian.
  1. Siapkan kotak nampan  untuk menampung cairan pendingin agar tidak berceceran di lantai.
  1. Buka kran penyumbat pada sistem pendingin. Biasanya kran ini terletak dibagian bawah radiator mobil.
  1. Buka tutup radiator agar pembuangan cairan pendingin berlangsung dengan cepat.
  1. Bila perlu, buang cairan pendingin yang tersisa di bagian mesin dengan mengendorkan baut penguras yang terdapat pada blok mesin.
  1. Setelah cairan pendingin sudah keluar, tutup kembali kran penyumbat  dan baut penguras pada blok mesin. Pastikan kondisi karet seal tidak mengalami kerusakan untuk mencegah cairan pendingin bocor.
  1. Isikan  cairan pendingin melalui lubang bagian atas radiator sampai terisi penuh. Hindari penggunaan air untuk mengisi radiator.
  1. Untuk memastikan bahwa radiator sudah terisi penuh, tekan selang beberapa kali dan jumlah cairan tidak berkurang.
  1. Pasang tutup radiator dengan benar.
  1. Isikan cairan ke dalam tabung reservoir untuk cairan pendingin dengan hati-hati. Isikan  sampai batas  garis MAX / Full.
  1. Lakukan pembuangan udara di dalam sistem pendingin. Caranya adalah dengan menghidupkan dan memanaskan mesin sampai katup thermostat terbuka / elektrik fan mulai berputar (air pendingin pada suhu antara 82° - 90° C).
  1. Matikan mesin, lalu  tunggu sampai mesin menjadi dingin.
  1. Saat mesin sudah dingin, buka tutup radiator dan lihatlah  jumlah carian pendingin di dalam radiator. Jika level permukaannya kurang, tambahkan dengan cairan yang sama.
  1. Cek kembali jumlah cairan di reservoir. Pastikan jumlahnya pada garis MaX / Full.
  1. Pastikan setelah pengisian cairan radiator tidak ditemukan kebocoran pada persambungan selang radiator.

Hal-hal diatas adalah cara penggantian cairan pendingin mesin. Semoga bermanfaat !

Baca Juga:
Artikel Otomotif

Comments

Popular posts from this blog

Benefit wireless charging

Cara Periksa Magnetic Clutch atau Kopling Magnet

Lampu FOG (lampu kabut)