Nglitik, apanya ya........
1. Suara kasar timbul dari bagian depan mesin (seputar head dan silinder blok)
Suara kasar berlebih terkadang timbul akibat dari pemakain abnormal
kendaraan atau memang karena umur dari mesin itu sendiri. hal – hal yang
perlu diperhatikan adalah :
- Cek volume oli mesin, apakah masi wajar kekentalannya atau oli berkurang banyak
- Selain itu perlu diperhatikan adalah, kerenggangan dari celah klep itu sendiri, karena setiap pabrikan kendaraan memiliki standar celah klep masing – masing. Biasanya celah klep terlalu longgar sehingga berakibat mesin kasar dan cepat panas
- Keteng, ya itu merupakan rantai mesin, biasanya keteng longgar akan berakibat suara mesin menjadi kasar, hati – hati, karena hal ini akan berdampak kepada keteng lepas atau loncat saat mesin bekerja ekstra akibat keteng longgar
- Yang terparah adalah, suara kasar akibat dari klep dan bosh klep yang sudah aus, biasanya ini perlu di tindaklanjuti dengan membawa kendaraan anda ke bengkel kepercayaan anda untuk di bongkar mesinnya.
2. Suara kasar atau anomali terjadi di bagian sebelah kanan mesin
Hal ini perlu diperhatikan adalah, suara
aneh seperti ada sesuatu yang lepas atau longgar, biasanya suara ini
ditimbulkan dari rumah kopling yang sudah aus karetnya, atau bisa juga akibat dari laher girbox yang sudah aus
atau bisa juga dari rumah kopling sentrifugal. Jikalau motor ngeden
atau gak ada tenaganya, bagi motor dengan kopling ganda, biasanya akibat
dari sepatu kopling ganda yang habis atau aus, malah bisa juga dari mangkok koplingnya yang sudah aus.
3. Suara Kasar Timbul saat kondisi mesin dingin
Kalo ini, akibat dari tensioner keteng yang
sudah aus, jika ini perlu dilihat, apakah tensioner keteng atau L.A.T
nya yang aus, apakah karet tensionerya yang habis, atau bisa juga
ketengnya perlu diganti juga…
4. Kok setelah 3 bulan ganti keteng, suara berisik muncul kembali saat mesin dingin?
Nah, kalo mengalami hal seperti ini, jangan
sesumbar dulu dan menjudge sparepart jelek. Biasanya, kita ganti keteng
hanyalah ganti keteng saja….hal ini justru berakibat dari tidak
optimalnya dan awet dari keteng tersebut, maka apabila bro or sis’t
disini jangan heran jika suara berisik dari keteng timbul dengan jarak
waktu yang relatif singkat. Adapun sebaiknya, apabila kita ganti keteng,
maka diusahakan sekaligus dengan ganti rol tensionernya, atau lidah
tensionernya dan juga L.A.T nya…meskipun kita menilai bahwa komponen
tersebut masih layak, namun umur dari komponen tersebut sudah aus dan
sebaiknya di ganti menjadi satu paket….
5. Suara kasar seperti ada gesekan dari bagian blok seher
Jika ini terjadi, segeralah
cek kendaraan anda ke bengkel terdekat atau bengkel kesayangan anda
untuk di cek lebih lanjut. Untuk menggeneralisasikan akibat suara
tersebut adalah, seher dan ring nya sudah aus atau stang sehernya oblak sehingga suara kasar tidak terelakkan dan sangat mengganggu tentunya.
Comments
Post a Comment