Mengenal teknologi VVTi
Mengenal
teknologi VVTi
Pernahkan
Anda menjumpai tulisan tersebut diatas? Tulisan tersebut sering dijumpai
menempel pada beberapa jenis kendaraan bermerk Toyota. Namun sebenarnya apa
arti dan manfaat dari teknologi VVT-i tersebut, berikut ini penjelasannya :
Istilah
VVT-i merupakan kepanjangan dari Variable Valve Timing-intelligent System. Teknologi
VVT-i adalah teknologi yang dikembangkan oleh Toyota pada mekanisme katup.
Technology
Kalau
pada mesin konvensional, valve timing (saat pembukaan dan penutupan
katup) sudah diset pada sudut yang tetap, dengan sistem VVT-i ini pembukaan dan
penutupan katup dapat dibuat lebih awal atau lebih terlambat. Pengaturan saat
pembukaan dan penutupan katup tersebut tidak akan mengubah durasi lama pembukaan
dan penutupan. Kondisi tersebut bekerja disesuaikan dengan kondisi mesin
(putaran serta beban dari mesin).
Sistem
VVT-i biasa dipasangkan pada mekanisme katup isap. Sedangkan sistem dual VVT-i,
dipasangkan pada mekanisme katup isap dan katup buang. Pada mesin dengan
teknologi VVT-i terdapat VVT-i controler yang memungkinkan antara
poros camshaft sisi intake dan driven gear dapat bergerak bebas. Didalamnya
terdapat vane yang berisi tekanan oli di sisi-sisinya. Tekanan oli tersebut
menyebabkan poros camshaft bergerak ke arah maju ( advance ), mundur ( retard
) atau tertahan ( hold ). Camshaft timing oil control valve (
OCV) sesuai dengan perintah ECU ( electronic control unit ) mengatur tekanan
oli untuk dialirkan ke sisi advance atau ke sisi retard ( mundur
). Selain kedua komponen tersebut, terdapat sensor-sensor yang dipasangkan di
kendaraan untuk memonitor kerja dari mesin. ECU mesin secara akurat dan terus
menerus memonitor kerja dari OCV berdasarkan signal-signal yang dikirimkan oleh
sensor terkait kondisi mesin.
Penggunaan
teknologi VVT-i pada kendaraan memberikan banyak keuntungan. Misalnya, pada
saat mesin berputar idling overlap katup akan dihilangkan, sehingga membuat
konsumsi bahan bakar menjadi lebih ekonomis. Pada saat beban menengah / sedang,
overlap katup diperbesar untuk mengurangi efek pumping loss, sehingga
emisi gas buang knalpot menjadi lebih bersih. Pada saat kecepatan tinggi dan
beban berat, penutupan katup isap dibuat lebih mundur untuk meningkatkan
efisiensi volumetrik campuran udara dan bahan bakar, sehingga dapat menaikkan
torsi/ output mesin. Pada saat mesin dimatikan, maka posisi valve timing katup
dibuat paling mundur (max retard), supaya mesin mudah untuk dihidupkan.
Hal-hal
tersebut diatas adalah pengertian dan manfaat dari teknologi VVT-i yang
dikembangkan oleh Toyota. Semoga bermanfaat !
Baca Juga:
Comments
Post a Comment