Lebih informatif dengan MID (multi information display)



Lebih informatif dengan MID (multi information display)

MID merupakan kepanjangan dari multi information display. MID adalah suatu sistem display yang dipasangkan pada kombinasi meter,  untuk menampilkan berbagai informasi.  Display dapat berupa LCD (liquid crystal display) atau dot MID. Sistem ini  akan memudahkan bagi pengemudi untuk mengetahui kondisi pengendaraan.
Technology



Perlu diingat, tidak semua kendaraan dilengkapi dengan fitur MID ( multi information display ). Dan informasi yang ditampilkan pada MID ( multi information display ) sedikit  berbeda pada tiap jenis kendaraan. Untuk lebih jelasnya,  dapat dilihat di buku pedoman pemilik atau menanyakan ke dealer penjual. Nah, informasi  apa saja yang ditampilkan di MID ( multi information display ) dapat kami jelaskan berikut ini :

1. outside temperature
Menginformasikan  temperatur udara  di sekitar kendaraan.  Sistem ini dilengkapi dengan  sensor yang biasa dipasang di dekat  grill / bemper depan.

2.cruising range
Menginformasikan  jarak yang dapat  ditempuh dengan sisa bahan bakar yang ada  di dalam tanki kendaraan. Informasi ini  dihitung berdasarkan volume bahan bakar yang ada di dalam tanki dan konsumsi bahan bakar rata-rata pada saat itu.

3. elapsed time
Menunjukkan lamanya waktu mesin hidup sejak mesin tersebut distart. Elapsed time menggunakan satuan detik.

4. average speed
Menginformasikan  rata rata kecepatan kendaraan.  Informasi ini dihitung berdasarkan durasi waktu dan jarak jelajah sejak kendaraan dijalankan. Tampilan akan selalu dirubah setiap beberapa detik.

5. average fuel consumtion
Menunjukkan rata-rata konsumsi bahan bakar pada saat tersebut. Ada kemungkinan, nilai yang ditampilkan di MID ( multi information display )  sedikit berbeda dengan konsumsi sebenarnya. Hal ini dipengaruhi  oleh kondisi jalan dan pola pengendaraan.

6. current fuel consumtion
Menginformasikan konsumsi bahan bakar pada saat ini. Nilai ini selalu berubah-ubah sebanding dengan injakan pedal gas.  Semakin dalam injakan pedal gas, konsumsi bahan bakar semakin besar. Satuan yang digunakan adalah km/liter atau liter/km.

7. Trip "A"  dan "B"
Menginformasikan jarak yang ditempuh dari satu tempat ke tempat lain dalam satuan km.  Tersedia dalam dua pilihan, yaitu trip "A", dan trip "B". Sistem ini dilengkapi menu reset untuk memperbarui  jarak tempuh kembali ke nilai  nol  km.

8. odometer
Menginformasikan jarak yang sudah ditempuh kendaraan tersebut dalam satuan km. Berbeda dengan trip "A" dan "B" yang bisa direset kembali ke angka nol km, angka yang tertera pada odometer akan selalu bertambah setiap kali kendaraan dijalankan.

Hal tersebut diatas adalah berbagai informasi yang ditampilkan pada MID ( multi information display ).  Semoga bermanfaat!

Baca Juga :

Comments

Popular posts from this blog

Benefit wireless charging

Cara Periksa Magnetic Clutch atau Kopling Magnet

Lampu FOG (lampu kabut)