Apakah yang Dimaksud Dengan GPS Tracker?

GPS Tracker atau yang juga disebut dengan GPS tracking adalah suatu perangkat yang dipasang pada kendaraan atau suatu benda dan berfungsi untuk menyediakan informasi dari suatu posisi kendaraan atau benda tersebut. Alat tersebut bisa diketahui posisinya dengan bantuan satelit GPS dan GSM sehingga ditemukan titik koordinat dari posisi GPS Tracker. Selanjutnnya titik koordinat tersebut dikirimkan melalui jaringan GSM atau GPRS kepada pemiliknya via sms atau platfom webtracking. Dengan begitu pengguna GPS Tracker dapat mendeteksi secara real time lokasi dimana kendaraan atau benda yang dipasangi GPS tracker tadi. 

Cara Kerja GPS Tracker

Cara kerja umumnya adalah mencari letak posisinya dengan memanfaatkan sinyal GPS dari satelit GPS. Setelah itu posisi tersebut diterjemahkan dalam bentuk informasi data lalu dikirimkan via sms atau webtracking dengan bantuan sinyal GPRS. Informasi data tersebut berupa link Google maps yang kemudian bisa dibuka dengan browser.

Melacak Posisi Kendaraan atau Orang Secara Real Time

Dengan kecanggihan alat dari GPS tracker, para pengguna dapat menemukan titik koordinat pada kendaraan yang sudah kita pasangi GPS dengan sangat mudah. Kita bisa melakukan pendeteksian dengan bantuan webtracking platform atau berupa sms. Awalnya kita mengirimkan kode tertentu pada nomor sim card yang sudah kita masukkan ke dalam GPS Tracker. Setelah itu, alat GPS tracker akan mengirimkan pesan secara otomatis kepada Anda yang berisi titik koordinat posisi kendaraan atau berupa link google maps yang bisa Anda buka melalui ponsel pintar Anda.

Mematikan Mesin Kendaraan dengan SMS atau Melaui Web

Fitur yang paling banyak dicari oleh pegguna GPS tracker adalah kemampuannya mematikan kendaraan dari jarak jauh untuk alasan keamanan. Dengan perintah kode tertentu melalui sms atau melalui webtrackinng platform, Anda bisa mematikan mesin mobil dengan cepat. Ini bisa dilakukan karena mungkin hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada mobil Anda seperti pencurian.

Tips Membeli GPS Tracker

Dengan banyaknya fitur, model, serta merek yang disediakan pada GPS Tracker Anda haru berhati-hati ketika memutuskan untuk membeli perangkat ini. Pastikan Anda membeli GPS tracker yang memang fiturnya Anda butuhkan saja. Tentu saja GPS Tracker dengan fitur yang beragam akan mempengaruhi masalah harga. Jika Anda membeli GPS Tracker yang demikian tetapi hanya sedikit saja dari fitur-fiturnya yang Anda gunakan tentu akan sayang bukan. Ada kasus lain yang menawarkan harga murah tetapi fitur-fiturnya banyak yang tidak ada sehingga membuat Anda menjadi terbatas untuk menggunakannya. Sebaiknya perhatikan kebutuhan Anda, baru carilah GPS tracker yang pas di dana sekaligus pas pada fitur-fiturnya.

Comments

Popular posts from this blog

Benefit wireless charging

Cara Periksa Magnetic Clutch atau Kopling Magnet

Lampu FOG (lampu kabut)