Dampak pake Velg Besar

Banyak sekali orang-orang yang menginginkan untuk mengganti velg Pug-nya dari ukuran standard ke ukuran yang jauh lebih besar.

Dengan mengganti velg yang jauh lebih besar, penampilan mobil menjadi lebih keren, lebih gagah untuk mejeng….apalagi di depan para binori….

Yang perlu dipertimbangkan juga selain sisi positif, ada juga sisi  negatifnya, yaitu velg aftermarket dengan diameter yang besar bisa mengganggu kenyamanan. Hal  ini karena profil ban yang semakin tipis sehingga berimbas bantingan menjadi lebih keras dibanding standar. Profil ban yang tipis juga bisa membuat velg rentan peyang jika menghajar lubang dalam kecepatan lumayan kencang. Diameter velg yang terlalu besar juga bisa mengganggu sektor pengereman.
 

“Jika velg terlalu besar, pasti jarak titik pengereman juga bertambah.  Hal ini disebabkan bobot velg yang lebih berat sehingga rem butuh usaha ekstra untuk menghentikan lajunya mobil. Sehingga mobil seakan-akan ‘menyelonong’ meskipun sudah direm.

Selain itu, usia pakai komponen kaki-kaki juga relatif lebih pendek. Velg besar punya bobot berat dan karakter guncangan yang keras. Sehingga komponen kaki-kaki seperti tie rod, ball joint, atau sokbreker akan bekerja lebih keras. Komponen seperti bushing atau tie rod akan lebih cepat oblak dibanding saat memakai velg standar.

Bobot velg yang lebih berat juga akan berimbas terhadap performa mesin. Dimana akselerasi terasa lebih lambat karena mesin butuh tenaga ekstra untuk menggerakkan roda. Hal ini punya efek lain yang merambat ke sektor konsumsi BBM, dimana konsumsi BBM akan lebih boros ketika memakai velg ukuran besar .

Comments

Popular posts from this blog

Benefit wireless charging

Cara Periksa Magnetic Clutch atau Kopling Magnet

Lampu FOG (lampu kabut)