JANGAN GANTI UKURAN BAN SEMBARANGAN
Menurut Halim Putera Siswanto, seorang
pehobi otomotif, penggantian ban dengan ukuran non-standar berdasarkan
telapak (tread) dan profil) (sidewall) akan memberikan beberapa
konsekuensi bagi pengendaraan. Pengubahan dari ukuran ban yang dimaksud
dibatasi hanya sebesar satu ukuran dari standarnya (plus satu dan
minus satu) agar tidak memberikan pengaruh negatif terhadap
pengendaraan mobil secara signifikan.
Pengubahan tread (telapak ban) sebesar
satu ukuran (ukuran profil, velg, dan ketinggian suspensi tetap) dapat
memberikan konsekuensi sebagai berikut:
Akselerasi. Penggunaan
telapak ban lebih besar akan menambah luas bidang gesekan antara ban
dengan permukaan jalan sehingga kemampuan mobil untuk berakselerasi
akan berkurang (tarikan menjadi lebih berat). Begitu juga sebaliknya,
ban bertelapak lebih kecil akan mengurangi luas bidang gesekan antara
ban dengan permukaan jalan sehingga kemampuan mobil untuk berakselerasi
akan meningkat (tarikan menjadi lebih gesit).
Efisiensi. Karena
penggunaan telapak ban lebih besar menambah luas bidang gesekan antara
ban dengan permukaan jalan, maka output (tenaga dan torsi) yang
diperlukan dari mesin untuk menggerakkan ban menjadi lebih besar
sehingga efisiensi bahan bakar menurun.
Pengereman. Penggunaan
telapak ban yang lebih besar menambah friksi atau gesekan antara ban
dengan permukaan jalan sehingga efektivitas pengereman menjadi lebih
baik. Atau dengan kata lain, jarak dan waktu pengereman yang dibutuhkan
menjadi lebih singkat. Sedangkan penggunaan telapak ban lebih kecil
sebaliknya.
Radius Putar Minimum. Penggunaan
telapak ban yang lebih besar tanpa diikuti dengan pengurangan jarak
pijak akan mengakibatkan posisi telapak ban menjadi lebih keluar dari
posisi semestinya, sehingga radius putar minimum mobil menjadi
bertambah. Dengan demikian, mobil menjadi lebih sulit untuk berbelok
terutama pada saat melakukan u-turn. Namun sebaliknya, penggunaan
telapak ban yang lebih kecil tanpa diikuti dengan penambahan jarak
pijak akan mengakibatkan posisi telapak ban menjadi lebih masuk dari
posisi semestinya
Comments
Post a Comment