Teknologi Dual VVT-i
Toyota selalu menanamkan hasil pengembangan teknologi pada setiap
produknya. Salah satu aplikasi terkini yang hadir adalah teknologi Dual
VVT-i (Variable Valve Timing with intelligent). Ini merupakan cara kerja
pintar yang mampu membuat mesin lebih efisien dan ramah lingkungan.
Sistem
ini terdapat pada kepala silinder dan merupakan mekanisme pengatur
waktu bukaan katup pada mesin. Dapur pacu masa kini dengan sistem
4-stroke memiliki katup masuk (intake) dan buang (exhaust) untuk
mengontrol aliran udara dan bahan bakar masuk ruang bakar plus hasil
pembakaran keluar menuju knalpot.
Dengan penerapan VVT-i, waktu
bukaan katup (valve timing) bisa disesuaikan kebutuhan mesin. Sistem ini
awalnya diaplikasi pada katup masuk (intake) saja. Seiring
perkembangan, katup buang (exhaust) pun juga ikut dikontrol. Nah, maka
lahirlah sistem Dual VVT-i.
Dengan mengatur katup masuk dan buang,
pengontrolan udara masuk, maupun gas buang pada segala kondisi kerja
mesin jauh lebih baik. Misal pada saat start, pengaturan dimaksimalkan
agar dapur pacu segera mendapat suhu ideal. Keuntungannya, tenaga dan
torsi mesin segera tersedia. Pun demikian, catalytic converter, suhu
juga lebih cepat panas sehingga mampu bekerja maksimal menyaring gas
buang agar hasilnya lebih ramah lingkungan.
Tak ketinggalan, saat
dapur pacu sudah mencapai suhu kerja, pengaturan bukaan katup bisa
disesuaikan putaran mesin. Setelannya tentu berbeda saat harus bekerja
dalam kondisi macet atau digeber hingga putaran tinggi pada jalan bebas
hambatan.
Tak heran, sumber tenaga Toyota masa kini memiliki
performa dan efisiensi lebih baik meski kapasitas tetap sama. Sebagai
contoh 2ZR-FE 1.798 cc empat silinder 16 Valve andalan Toyota All New
Corolla Altis kini meletupkan daya 151 dk/6.400 rpm dan torsi 190,2
Nm/4.000 rpm. Lebih bertenaga, tetapi irit dan ramah lingkungan.
Comments
Post a Comment