Gardan Mobil dan Permasalahannya
Gardan Mobil adalah salah satu komponen
mobil yang berfungsi untuk menggerakan roda mobil sehingga dapat berjalan. Kecepatan
gerakan gardan diatur oleh transmisi yang terhubung dengan mesin yang berputar.
Jadi urutan kerjanya seperti ini, diawali dari putaran mesin
kemudian diterukan oleh transmisi untuk mengatur perpindahan percepatan (oper
gigi),lalu diteruskan oleh gardan sehingga roda mobil dapat berputar. Untuk mobil
penggerak roda belakang,terdapat kopel untuk menghubungkan antara transmisi
dengan gardan.
Gardan atau sering juga disebut “Differential” terdiri dari
sekumpulan gear di dalamnya dan dilengkapi dengan oli gardan sebagai pelumas
agar gear atau gigi tidak cepat aus. Karena sistem kerjanya yang harus selalu
bergesekan antara gear satu dan gear yang lainnya.
Bagian bagian Gardan :
1. Cincin
dorong
2. Mur penyetel
3. Roda gigi
samping(side gear)
4. Pinion penggerak
5. Roda gigi
planet/pinion
6. Cincin (O
ring)
7. (pinion
gear)
8. Bantalan
belakang
9. Tutup
bantalan
10. Spaser
11. Pengunci mur
penyetel
12. Differential carrier
13. Mur
penyetel
14. Bantalan depan
15. Baut
16. Penahan
oli
17. Plat pengunci
18. Perapat oli (oil
seal)
19. Bak
differential
20. Flens penyambung
21. Roda gigi ring
(ring
gear)
22. Mur pengikat
Kerusakan yang sering terjadi pada Gardan Mobil :
1.
Suara Berdengung,sering terjadi pada mobil
dengan penggerak roda belakang kalau gardannya mengeluarkan suara dengung pada
kecepatan tinggi. Ini biasanya disebabkan oleh gear/gigi gardan yang sudah aus.
Jika sudah begini gigi gardan harus segera diganti agar tidak mengeluarkan
bunyi lagi. Tapi bisa juga karena jarak bebas antara gigi gardan yang satu
dengan yang lainnya sudah longgar. Untuk mengatasinya cukup distel ulang jarak
antara gigi gardan.
2.
Saat jalan Gardan beraasa bergetar,pernahkan
anda merasakan pada saat posisi jalan berasa seperti ada getaran pada gardan. Kerusakaan
seperti ini biasanya disebabkan oleh laher gardan yang ambrol. Tapi bisa juga
karena gear/gigi gardan ambrol akibat berbenturan atau karena kualitas bahan
yang buruk.
3.
Oli Gardan bocor,pernahkah anda mengalami
kejadian seperti ini? Kebocoran oli pada gardan bisa disebabkan oleh 4 hal. Yang
pertama bisa dari baut tap oli gardan yang berfungsi untuk mengeluarkan oli
gardan. Biasanya baut tidak kencang atau drat baut sudah aus tapi tetap
dipasangkan. Yang kedua bisa juga disebabkan oleh packing gardan,untuk
menghubungkan antara gardan dengan slongsong gardan kita harus menggunakan packing
atau lem. Biasanya karena saat memberi
lem pada gardan tidak rata yang bisa menyebabkan kebocoran. Yang ketiga oli
gardan bisa bocor dari seal pinion,biasanya ini karena as pinion yang aus atau
bisa juga karena karet pada seal pinion yang robek atau luka. Yang keempat,oli
gardan bisa juga bocor dari seal roda belakang ini untuk mobil berpenggerak
roda belakang saja.
Perawatan yang harus dilakukan
pada Gardan Mobil
Untuk menjaga kondisi gardan
mobil,kita harus rajin melakukan perawatan secara rutin. Caranya sangat simpel
sekali,kita hanya perlu menjaga kualitas oli gardan. Ganti oli gardan secara
rutin,bisa dengan mengganti setiap 10.000km sekali,atau semakin sering semakin
baik selama dalam batas wajar.
Peran oli sangat penting pada
gardan,karena berfungsi untuk melumasi gear/gigi gardan yang bekerja bergesekan
terus menerus. Jika oli gardan bocor apalagi sampai habis akibatnya bisa fatal.
Jadi perhatikan selalu apakah ada kebocoran oli pada gardan atau tidak,jika ada
segera diperbaiki.
Comments
Post a Comment