Perbaiki Motor Sliding Door Toyota Alphard 2004

Ini tips saja untuk mengatasi sliding door toyota Alphard yang bermasalah dan masalah tersebut karena motor yang sudah lemah dan lebih baik mengganti motor dengan yang bagus(genuine). Karena seperti yang telah terjadi pada Alphard tahun 2004 pada tulisan ini, masalah muncul karena penggunaan motor yang tidak genuine, setelah pemakaian beberapa lama gerakan pintu atau sliding door terlihat lambat dan motor lebih panas saat disentuh.

Gejala motor Sliding door Alphard yang lemah :
1.Pergerakan pintu yang terlihat lambat
2.Pada posisi pintu terbuka setengah agak kedepan jika menggunakan tombol atau remote untuk menggerakkan pintu terkadang pintu bergerak ke depan dan terkadang ke belakang.
3.Motor sliding door yang lemah juga menyebabkan pintu tidak bisa terlepas dari lock yang berada di rel bawah, sehingga menyebabkan beberapa hal berikut ini:
-Saat pintu tertutup mau dibuka baik secara manual dengan handle atau menggunakan tombol atau remote,sliding door malah akan bergerak maju.
-Saat pintu terbuka dan mau ditutup pintu malah bergerak ke belakang karena tidak bisa terlepas dari lock yang ada di bawah akibat motor lemah.
4.Terkait point ketiga diatas pintu hanya bisa dibuka menggunakan handle dengan cara menahan handle agak lama agar lock yang ada di rel bawah terlepas lebih dulu.
Berikut gambar-gambar perbaiki motor Sliding door Toyota Alphard tahun 2004.
Pada pintu geser Alphard terdapat 5 buah motor yang masing masing berfungsi untuk:
1.Motor untuk mengendalikan handle saat mengoperasikan pintu melalui remote atau tombol,motor  terletak dibawah agak kedepan pada bagian pintu.
2.Motor untuk ngelock pintu dari central atau central lock terletak persis dibawah handle
3.Motor untuk power window tidak terlihat dari luar
4.Motor untuk lock pintu pada bagian belakang saat pintu ditutup,jadi satu dengan lock Assy.
5.Motor untuk menggerakkan pintu maju mundur atau untuk sliding.
Motor yang ke lima yang berfungsi untuk sliding jika tenaganya kurang akan menyebabkan proses atau urutan kerja sliding tidak terjadi sebagai mana mestinya yang mengakibatkan macet atau dikenal error,meskipun terdapat beberapa hal selain motor sebagai penyebab error atau macet.
Secara fisik karbon brush masih bagus, gulungan atau lilitan kawat email rotor masih terlihat bagus artinya tidak terlihat beda warna,tidak terdapat short antara kawat dengan inti besi rotor,tetapi pada sambungan antara kawat email dengan komutator terlihat agak gosong karena panas,sebagai tanda atau akibat tidak terhubung dengan baik sebagai penyebab panas dan terlihat gosong.
Cara perbaikinya pun cukup mudah,dengan merapatkan sambungan kawat email dengan komutator agar arus listrik yang mengalir lebih maksimal.



Comments

  1. Kalo service pintu sliding door alphard 2004 berapa mas

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Benefit wireless charging

Cara Periksa Magnetic Clutch atau Kopling Magnet

Lampu FOG (lampu kabut)