Langkah Mengecat Body Mobil

Langkah Mengecat Body Mobil

Pengecatan tubuh mobil dapat ditangani sendiri, terutama untuk mobil-mobil umum dan tidaklah mobil menawan. Bahan yang digunakan dalam pekerjaan pengecatan yakni dempul, cat basic untuk mobil, cat warna, flincoat, pembersih karat, bahan polis, ingincer (thinner), dan ampelas.

1. Dempul
Ada tiga type dempul yang umum digunakan pada pengecatan tubuh mobil, yaitu dempul plastik, dempul plamir, dan dempul buatan.
Dempul plastik
Dempul plastik lebih cepat keras dan kering. Oleh karenanya gunakan sekedarnya saja. Pengerjaannya harus cepat untuk menghindar pemborosan penggunaan dempul.
Dempul plamir
Dempul plamir yakni dempul umum yang dijual dalam kaleng. Dempul plamir dapat selekasnya digunakan. Karena agak lama mengeringnya jadi sebaiknya digunakan sesuai sama kepentingan.
Dempul buatan
Dempul buatan yaitu gabungan dari dempul plamir dengan cat basic dan bedak talk. Perbandingan gabungan yang disangka paling baik yakni 1 kg cat basic ditambah 1/4 kg bedak talk yang diaduk hingga sempurna, dan lantas ditambah dempul plamir sekedarnya (kurang lebih 1/4 kg).


2. Cat dasar
Cat basic sering juga disebut meni. Ada dua type cat basic yang umumnya digunakan, yaitu cat basic merah dan cat basic abu-abu. Cat basic merah digunakan sebagai cat basic pertama, Cat basic abu-abu digunakan sebagai cat basic ke-2 atau mungkin saja sebagai susunan setelah pekerjaan lanjutan dan pendempulan.

3. Cat warna (cat duco)
Cat duco yakni makna yang umum dikenal di beberapa orang. Sebenarnya Duco yakni merk cat yang pertama kali dapat disemprotkan. Cat warna ada dua type, yaitu :
 Cat kering oven
Zat perekat cat ini terdiri atas gabungan yang hanya akan jadi kering jika susunan cat mencapai suhu 120-150 ーC.
Cat kering udara
Biasanya bengkel-bengkel karoseri menggunakan cat ini untuk lakukan perbaikan rusaknya cat atau mungkin saja untuk service pengecatan body mobil.

4. Bahan polis
Bahan polis biasanya berwarna coklat muda. Bahan polis berguna untuk melicinkan permukaan cat yang telah kering sampai cat tampak mengkilat. Ada dua type bahan polis yang umum digunakan, yaitu kompon dan kit. Kompon yakni jenis bahan polis yang agak kasar tengah kit yakni jenis polis yang halus. Kit ini digunakan setelah kompon.

5. Thinner
Thinner atau mungkin saja solvent berwarna bening dan berbau khas menyengat hidung. Zat cair ini mengencerkan gabungan zat pewarna dan zat perekat hingga jadi agak encer dan dapat diakukan sepanjang pengecatan. Thinner juga turunkan kekentalan cat atau mengencerkan.
 
6. Pembersih karat pada mobil
Pembasmi karat yakni bahan kimia untuk bersihkan karat yang menempel dibagian chasis dan tubuh mobil. Penggunaannya yakni dengan langkah digosok-gosokkan atau mungkin saja disapukan dibagian yang akan dibersihkan.

7. Ampelas
Kertas ampelas bertindak untuk menghaluskan permukaan melalui langkah digosok-gosokkan. Halus dan kasarnya kertas ampelas dipertunjukkan oleh angka yang tercatat di balik kertas ampelas itu. Semakin besar angka yang terdaftar perlihatkan semakin halus dan rapat susunan ‘pasir ampelas’ pada kertas itu.

8. Flin coat
Flin coat bertindak untuk menghindar karat dibagian yang sering diserang air. Flin coat berwarna hitam agak kental seperti cat. Flin coat yang beredar di market ada beragam jenis mereknya, salah satunya :
  • Dinitrol
  • Tectyl
  • Coroterol
  •  Tuff Kote Dinol  

Comments

Popular posts from this blog

Benefit wireless charging

Cara Periksa Magnetic Clutch atau Kopling Magnet

Lampu FOG (lampu kabut)