Pemeriksaan Jumlah Freon Pada AC Mobil

Pemeriksaan jumlah freon atau cara cek freon pada ac mobil bisa di lakukan secara manual melalui sight glass yang terdapat pada receiver drier, jika sistem ac menggunakan receiver drier yang menjadi satu dengan kondensor, maka sight glass ini terletak pada saluran pipa tekanan tinggi.

Cara melihat jumlah freon ac mobil R134a melaui sight glass:
1. Hidupkan mesin mobil,jika terlihat gelembung warna putih saat idle kemudian berubah menjadi bening saat di gas kondisi freon cukup.
2. Jika terlihat bergelembung warna putih baik saat mesin idle atau saat mesin di gas artinya freon kurang, freon kurang ini terdapat dua kemungkinan yaitu memang freon kurang atau freon tidak bisa masuk lebih banyak karena di dalam sistem terlalu banyak oli.
3. Pada sight glass terlihat bening baik saat idle atau saat mesin di gas artinya didalam sistem terlampau banyak freon.

Untuk mendapatkan hasil pemeriksaan tekanan freon yang benar dan akurat harus menggunakan manometer gauge sebagai alat servis ac mobil atau mesin AC R3 untuk periksa jumlah freon yang terdapat pada sistem ac.

 

Comments

Popular posts from this blog

Benefit wireless charging

Cara Periksa Magnetic Clutch atau Kopling Magnet

Lampu FOG (lampu kabut)