Tanda Rem Mobil Bermasalah

Sistem rem berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan. Rem dipasang pada masing-masing roda.  Ketika pedal rem diinjak,  terjadi gesekan antara pelapis sepatu rem dengan tromol  atau pad rem dengan piringan, sehingga laju kendaraan dapat dikurangi / dihentikan.  Ketika terjadi kegagalan pada sistem rem, kendaraan akan sulit dihentikan, sehingga hal-hal yang tidak diinginkan dapat terjadi.

Berikut ini adalah tanda yang muncul ketika sistem rem mobil bermasalah :

1.  Pedal rem bergetar ketika dilakukan pengereman
Ketika  dilakukan pengereman, terjadi gesekan pada rem. Ini akan menghasilkan panas serta pemuaian pada logam.  Kejadian dalam waktu tertentu  menyebabkan perubahan  struktur logam pada piringan tersebut. Piringan menjadi oleng, sehingga  pedal rem terasa bergetar saat diinjak. 


2.  Rem berbunyi saat pengereman
Ketika pedal rem diinjak dan timbul bunyi asing maka hal tersebut harus diwaspadai.  Ada kemungkinan lapisan kampas atau pad rem sudah aus. Bunyi tersebut timbul karena adanya gesekan antara metal pada piringan dan pad rem.

3.  Kendaraan narik satu arah
Tenaga pengereman harus bekerja merata pada masing-masing roda berdasarkan penekanan pedal rem dan beban kendaraan. Anda harus waspada, ketika pedal  direm  diinjak kemudian ada kecenderungan kendaraan narik ke satu arah.  Ada kemungkinan rem macet pada salah satu sisi roda.

4.  Rem kurang pakem
Rem harus bekerja efektif untuk memperlambat atau menghentikan kendaraan. Saat pedal rem sudah diinjak kuat dan  kendaraan masih belum berhenti, maka hal ini bisa menjadi tanda rem kurang pakem.  Salah satunya bisa disebabkan karena lapisan kampas rem  atau pad rem sudah aus.

5.  Injakan pedal rem terlalu dalam
Pedal rem harus mempunyai langkah yang cukup ketika diinjak untuk menghentikan kendaraan. Pedal rem juga mempunyai langkah cadangan, sehingga ketika pedal rem diinjak penuh, tidak akan menyentuh dengan lantai. Ketika langkah  pedal terlalu dalam, ini perlu diwaspadai. Kemungkinan penyebab karena celah pada  tromol rem yang terlalu longgar, atau ada kerusakan pada seal  master rem.

6.  Pedal rem terlalu ringan
Pedal rem meneruskan tenaga injakan kaki ke master rem. Master rem berfungsi untuk mengubah tenaga mekanis ke tenaga hidrolis yang dikirimkan ke masing masing rem di semua roda. Jika ada masalah pada master rem, maka tekanan yang dihasilkan tidak cukup kuat, sehingga yang dirasakan pengemudi adalah injakan pedal menjadi ringan. Kondisi ini dapat  juga disebabkan adanya  kebocoran pada sistem rem.

7.  Roda terasa berat saat diputar
Ketika  roda  terasa berat saat diputar, ada kemungkinan  remnya macet. Ini disebabkan karena pad rem akan selalu menjepit piringan meskipun pedal rem tidak sedang diinjak. Atau bisa juga disebabkan kampas rem bergesekan dengan tromol saat hand rem dibebaskan. Cara mudah untuk mengetahuinya adalah dengan memarkir kendaraan di jalan yang sedikit miring, pedal rem tidak ditekan, lalu hand rem dibebaskan. Jika kendaraan dapat bergerak sendiri karena berat kendaraan, maka dapat dipastikan rem tidak macet.

8.  Panas yang berlebihan pada pelek roda.
Efek pengereman dihasilkan oleh gesekan antara tromol dengan kanvas rem, serta pad rem dengan piringan.  Gesekan ini akan menimbulkan panas, yang merambat ke pelek roda. Hal ini wajar jika pelek menjadi hangat. Ketika pada pelek terjadi panas yang berlebihan, ini perlu diwaspadai. Penyebab  panas yang berlebihan berasal  gesekan secara terus menerus, meski pedal rem tidak ditekan.



Baca Juga

Comments

Popular posts from this blog

Benefit wireless charging

Cara Periksa Magnetic Clutch atau Kopling Magnet

Lampu FOG (lampu kabut)