Safety Driving

Pada zaman Sekarang ini banyak pabrikan kendaraan yang telah mempercanggih kendaraan mereka dengan safety driving. Berikut ini adalah fitur-fitur safety driving yang ada di dalam kendaraan diantaranya:
a.       Safety Belt ( Sabuk Keselamatan)
Berfungsi untuk menahan posisi duduk pengemudi dan penumpang agar selalu pada kursi mereka. Safety belt yang digunakan adalah yang model 3 titik. Ketika mobil terjadi benturan atau tabrakan dari arah depan, maka gaya perlambatan atau benturan akan menyebabkan penumpang terlempar ke depan.
Safety belt ini akan mehanan tubuh agar tetap pada posisinya, sehingga mencegah terjadinya benturan pada roda kemudi, serta dashboard.
b.       Head Rest
Berfungsi sebagai sandaran dan menopang leher serta kepala pengemudi. Posisi pemasangan disarankan tegak  dan sejalar dengan tinggi kepala. Jadi ketika terjadi benturan atau tabrakan maka kepala akan terdorong ke belakang. Head rest ini akan menahan leher dan kepala sehingga potensi cidera pada leher dan kepala dapat dikurangi.
c.       Inner View Mirror dan Outside Mirror
Berfungsi untuk menambah visibilitas pengemudi. Outside mirror untuk visibilitas pada samping kanan kiri, sedang inner mirror terletak pada kaca depan untuk visibilitas objek yang ada di belakang. Dengan fitur ini maka pengemudi dapat melihat kendaraan disekitarnya.
d.       Sistem Rem
Berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan. Mengingat pentingnya rem maka bila ada yang kurang nyaman segara di bawa ke bengkel.
e.       SRS (Supplemental  Restraint System) Air bag
Air bag merupakan tambahan yang dipasang pada kendaraan untuk mengurangi cidera penumpang. Bila terjadi kecelakaan yang parah kantong air bag ini akan mengembang dan mengurangi potensi cidera pengemudi dan penumpang lainnya.  

Comments

Popular posts from this blog

Benefit wireless charging

Cara Periksa Magnetic Clutch atau Kopling Magnet

Lampu FOG (lampu kabut)