Kelebihan Transmisi Matic



Kelebihan Transmisi Matic

1.    Perpindahan gigi terjadi secara otomatis
Pada mobil matik, perpindahan gigi percepatan terjadi secara otomatis. Perpindahan gigi dapat terjadi ke gigi yang lebih rendah atau ke gigi yang lebih tinggi berdasarkan laju kendaraan dan juga penginjakan dari pedal gas ( beban mesin ).

2.    Perpindahan gigi terjadi secara lembut
Saat ini hampir semua transmisi otomatis dikontrol secara elektronik  oleh komputer mesin. Hal ini membuat perpindahan gigi terasa lembut dan disesuaikan dengan kondisi jalan, sehingga menambah kenyamanan saat mengemudi.

3.    Tidak dilengkapi dengan pedal kopling
Dengan tidak dilengkapinya pedal kopling pada mobil matik, maka kaki kiri pengemudi menjadi bebas. Pada saat jalan macet, hal ini sangat menguntungkan karena tidak perlu injak pedal kopling untuk mengoperasikan perpindahan gigi percepatan.


4.    Praktis dalam pengoperasian
Pengemudi tidak perlu lagi memikirkan saat memindahkan gigi percepatan. Saat ingin menjalankan mobil, sambil menginjak pedal rem, pengemudi cukup memindahkan tuas transmisi. Ketika pedal rem dilepas perlahan dan diimbangi injakan pedal gas, mobil akan segera melaju.

5.    Mode pengendaraan
Pada beberapa model transmisi otomatis dilengkapi dengan fitur sport atau triptronik. Dengan mode ini,  pengemudi dapat memindahkan posisi gigi percepatan seperti pada transmisi manual sesuai dengan keinginannya.

6.    Cocok untuk jalan macet
Dengan ditiadakannya pedal kopling dan perpindahan gigi secara otomatis, maka mobil matik cocok untuk dipakai di jalan yang sering macet. Pengemudi hanya fokus ke rem untuk memperlambat laju kendaraan dan pedal gas untuk menambah kecepatan kendaraan.

Comments

Popular posts from this blog

Benefit wireless charging

Cara Periksa Magnetic Clutch atau Kopling Magnet

Lampu FOG (lampu kabut)