Cara mengoperasikan power sliding door

Pada beberapa jenis mobil, dilengkapi dengan fitur power sliding door. Fitur ini mempunyai beberapa keuntungan. Selain kemudahan operasionalnya, karena dilengkapi dengan motor sliding door, fitur ini juga memudahkan penumpang baris ke 2 dan 3 keluar masuk mobil pada saat parkir di area yang sempit. Hal ini berbeda dengan mobil dengan pintu poros depan yang membutuhkan cukup ruang gerak agar pintu dapat terbuka. 
pengoperasian sliding door
Power sliding door memberikan kemudahan bagi pengguna dalam membuka pintu mobil. Power sliding door dapat dioperasikan dengan berbagai cara. Sebelum Anda mengoperasikannya, pastikan power slide door main switch sudah dalam keadaan ON. Switch ini biasanya diletakkan di dashboard agar mudah dijangkau. Setelah itu pilih salah satu langkah dibawah ini untuk mengoperasikannya (buka & tutup pintu) :

1. Gunakan tombol slide door switch
Tombol slide door switch biasanya terletak berdekatan dengan power slide door main switch. Pada tombol ini terdapat dua pilihan yaitu open ( untuk membuka power sliding door dan close ( untuk menutup power sliding door). Jika ada dua power sliding door yang dapat dioperasikan (sisi kanan dan sisi kiri), maka terdapat dua buah tombol slide door switch. Untuk mengoperasikannya sangat mudah, cukup dengan menekan dan menahan tombol open sesaat, maka power sliding door akan terbuka. Begitu pula sebaliknya pada saat menutup, tinggal tekan dan tahan sesaat tombol close.
2. Gunakan handle pintu luar
Saat Anda berada di luar mobil, cukup tarik tuas pintu tengah (sliding), maka power sliding door akan terbuka. Begitu pula ketika akan menutup, tinggal tarik kembali tuas pintu tengah (sliding), maka sliding door akan tertutup kembali. Hal ini dimungkinkan karena di bagian dalam tuas sliding door terdapat switch untuk mendeteksi gerakan dari tuas pintu saat dibuka.
3. Gunakan tuas pintu dalam / bezel
Pada saat Anda berada di baris kedua didalam kabin kendaraan, power sliding door dapat dibuka dengan cara menarik tuas pintu sisi dalam. Dengan catatan posisi child lock harus dalam kondisi tidak aktif. Sebagai informasi,child lock merupakan fitur pengaman bagi anak-anak yang ada di dalam kabin untuk mencegah terbukanya pintu ketika tuas pintu dalam / bezel ditarik. Jika saat tuas ditarik dan child lock sedang aktif, maka sliding door tidak dapat dibuka dari dalam. Untuk menutup kembali sliding door yang sudah terbuka, cukup tarik kembali tuas pintu dalam dan pintu akan menutup sepenuhnya secara otomatis.
4. Gunakan wireless door
Pada beberapa model, dilengkapi dengan wireless door lock. Cirinya yaitu pada bagian remote / transmitter terdapat tambahan tombol power slide door switch. Fitur ini memberikan kemudahan dalam mengoperasikan power sliding door dari jarak jauh. Cukup tekan dan tahan sesaat tombol tersebut, maka power sliding door dapat dioperasikan. Cukup mudah bukan!
Hal tersebut diatas adalah cara mengoperasikan power sliding door. Fitur ini memberikan kemudahan dan kenyamanan saat keluar masuk kabin bagi penumpang. Masing-masing merk dan type mobil bisa saja mempunyai kelengkapan, fitur dan cara pengoperasian yang berbeda. Lebih detailnya silahkan tanyakan ke dealer resmi atau kepada marketing. Semoga bermanfaat!

Comments

Popular posts from this blog

Benefit wireless charging

Cara Periksa Magnetic Clutch atau Kopling Magnet

Lampu FOG (lampu kabut)