Cek cairan matik

Salah satu varian kendaraaan adalah mobil bertransmisi otomatis. Pada mobil jenis ini, perpindahan gigi percepatan terjadi secara otomatis berdasarkan kecepatan dan besarnya penginjakan pedal akselerasi . Perpindahan percepatannya pun terasa lembut dan hampir tidak terasa hentakan, karena sebagian sudah mengadopsi jenis CVT(continuously variable transmission). Itulah salah satu keuntungan kendaraan berjenis transmisi otomatis. 
dipstik oli matik
Salah satu kunci agar transmisi otomatis bekerja dengan baik adalah adanya fluda didalamnya. Fluda ini selain melumasi komponen transmisi otomatis, juga berfungsi untuk mengatur perpindahan gigi, dan proses transfer tenaga dari mesin ke roda penggerak. Dikarenakan fungsinya yang besar, dan kerja yang berat, maka seiring dengan pemakaian, terjadi penurunan kualitas dari fuida. Disatu sisi jika terdapat kebocoran pada sistem tersebut, memungkinkan jumlah fluda akan berkurang. Untuk itu diperlukan pemeriksaan kualitas dan jumlah fluida transmisi otomatis secara berkala.
Karena cara pemeriksaannya sedikit berbeda, berikut ini adalah prosedur pemeriksaan kualitas dan jumlah transmisi otomatis :

1. Parkirkan mobil di tempat yang rata, dan buka kap mesin
2. Hidupkan mesin untuk menghangatkan fluida transmisi otomatis. Matikan sistem AC
3. Dengan posisi rem parkir bekerja, injak pedal rem, lalu pindahkan tuas transmisi pada semua posisi dengan perlahan lahan ( dari posisi P – R – N – D – 2 – L - 2 – D – N – R – P). Lakukan beberapa kali untuk mensirkulasikan fluida dan menaikkan suhu fluida.
4. Pindahkan tuas tranmisi pada posisi P, dan mesin masih dalam keadaan hidup (idle)
5. Tarik tuas dipstick oli transmisi otomatis, lalu bersihkan fluida yang menempel dengan lap bersih dan kering
6. Masukkan kembali tuas dipstick oli dan tekan sampai menyentuh pipa
7. Tarik keluar dipstick oli dan periksa bahwa level permukaan fluida berada pada level HOT. Jika terdapat perbedaan tinggi permukaan antara kedua sisi, gunakan level yang terendah.
8. Jika jumlah fluida kurang dari itu, dapat ditambahkan sampai di level HOT.
9. Pastikan lihat warna dari fluida tersebut. Kondisi fluida baru biasanya berwarna merah jernih. Jika dalam pemeriksaan ditemukan warna sudah berubah agak kehitam-hitaman, menandakan sudah waktunya dilakukan penggantian. Silahkan hubungi dealer / bengkel langganan.
Langkah-langkah diatas adalah cara memeriksa minyak transmisi otomatis. Pastikan jumlah fluida cukup dan kualitasnya terjaga untuk mendapatkan performa berkendara yang maksimal. Semoga bermanfaat!

Comments

Popular posts from this blog

Benefit wireless charging

Cara Periksa Magnetic Clutch atau Kopling Magnet

Lampu FOG (lampu kabut)