Peralatan yang sebaiknya tersedia di mobil

Dalam sebuah mobil terdiri dari berbagai fitur, komponen yang dapat mendukung saat bepergian. Fitur tersebut mempunyai beberapa fungsi, seperti kenyamanan, safety, kemudahan operasi, maupun meningkatkan visibilitas berkendara. Sebagai contoh mobil dilengkapi dengan audio, AC dan lain-lain. Namun, diluar komponen tersebut, pemilik kendaraan dapat memastikan ataupun menambahkan peralatan yang berguna pada saat berkendara. Berikut ini peralatan yang sebaiknya tersedia di mobil :
triangle reflecting
1. Ban cadangan
Ban cadangan berguna pada saat ban utama ( ban yang terpasang di mobil ) tiba-tiba mengalami bocor atau kerusakan di tengah perjalanan. Hal ini sangat penting agar perjalanan Anda tidak terhenti. Penting juga untuk memastikan ban dalam kondisi laik jalan serta tekanan anginnya cukup.
2. Tool set & dongkrak
Meskipun mobil selalu dirawat dengan baik, tidak berarti tool set serta dongkrak tidak perlu dibawa. Hal ini penting pada saat ada kendala di perjalanan. Sebagai contoh saat kejadian ban tiba-tiba kempes, dan di tempat tersebut tidak ditemukan bengkel, maka tool set dapat membantu untuk proses penggantian ban.
3. Buku pedoman pemilik & buku servis
Buku pedoman pemilik biasa disertakan pada saat pembelian mobil baru. Buku ini berisi mengenai petunjuk singkat dan spesifikasi dari mobil tersebut. Pada kondisi tertentu, buku ini bermanfaat. Sedang buku servis berisi data servis yang sudah dan akan lakukan. Hl ini berguna untuk mengingatkan kapan waktu servis berikutnya, serta part apa saja yang harus diganti.
4. Triangle reflecting
Triangle reflecting berupa segi tiga yang apabila terkena sorotan lampu, akan memantulkan cahaya. Benda ini berfungsi untuk memberi tanda saat mobil berhenti di pinggir jalan terutama pada malam hari, agar tidak tertabrak dari belakang.
5. P3K
Setiap orang tidak mengharapkan terjadinya musibah / kecelakaan saat berkendara. Akan tetapi, ketika hal tersebut tidak dapat dihindari, maka P3K dapat menjadi solusi pertama pengobatan sebelum menemukan tempat untuk berobat.
6. GPS map / receiver
Bagi Anda yang sering bepergian ke tempat-tempat baru, GPS merupakan benda yang tepat untuk dipasangkan pada mobil. GPS dapat menampilkan rute perjalanan, lokasi tempat, nama jalan dan sebagainya. Sehingga kemungkinan tersesat menjadi kecil. Di pasaran tersedia berbagai perangkat GPS, dengan berbagai merk, kisaran harga, dan fiturnya.
7. Pengharum ruangan
Apabila Anda menghendaki kabin mobil selalu bau wangi / fresh, maka pengharum ruangan perlu dijadikan referensi. Tersedia berbagai aroma dan merek sesuai dengan selera Anda. Sebaiknya gunakan cukup satu jenis atau satu aroma saja. Meskipun sudah dilengkapi dengan pengharum ruangan, penting juga untuk menjaga kebersihan kabin, agar tidak timbul bau apek di kemudian hari.
8. Uang untuk parkir atau membayar tol
Meskipun hal ini sepele, tetapi perlu dipersiapkan uang secukupnya. Taruh uang tersebut di tempat yang mudah dijangkau dan aman. Hal ini dapat mempercepat saat membayar tol dan biaya parkir sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan dan membuka dompet.
9. Minuman
Mengemudikan mobil dengan kondisi AC dihidupkan membuat kita merasa nyaman, tidak gerah ataupun berkeringat. Tetapi AC dapat menyebabkan cairan tubuh terserap melalui pori-pori tubuh. Untuk itu, penting membawa air putih / minuman kemasan untuk menjaga cairan tubuh agar tidak terjadi dehidrasi. Dengan cara ini konsentrasi berkendara tetap terjaga.
10. Payung
Seperti kata pepatah, "sedia payung sebelum hujan", maka payung dapat bermanfaat pada saat musim hujan. Payung dapat mencegah baju yang Anda kenakan menjadi basah, saat keluar dari mobil dalam kondisi sedang hujan.
Beberapa hal yang disebutkan diatas adalah peralatan yang sebaiknya tersedia di dalam mobil. Karena peralatan tersebut bermanfaat, silahkan dapat dilengkapi, agar perjalanan Anda lancar dan menyenangkan. Semoga bermanfaat!

Comments

Popular posts from this blog

Benefit wireless charging

Cara Periksa Magnetic Clutch atau Kopling Magnet

Lampu FOG (lampu kabut)