Hal penting saat mengemudi di kala hujan

Berkendara di saat hujan membutuhkan ekstra kehati-hatian dan dan konsentrasi yang tinggi. Hal ini disebabkan karena kondisi jalan menjadi basah. Selain itu pandangan ke sekeliling terbatas oleh curah hujan. Untuk mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan, berikut ini adalah hal penting saat mengemudi di kala hujan yang harus diperhatikan : 
wiper
1. Kurangi kecepatan kendaraan
Pada saat hujan, kondisi jalan menjadi basah. Hal ini akan menyebabkan jalan menjadi licin. Selain itu ada kondisi dimana permukaan jalan tertutup oleh tergenang air. Kita tidak akan tahu jika jalan yang dilalui ada yang rusak / berlobang. Apabila kondisi ban sudah aus, dan menapak pada genangan air, bisa menyebabkan terjadinya fenomena hidroplaning, dimana ban tidak sepenuhnya menapak ke permukaan aspal karena mengambang. Hal ini menyebabkan kendaraan susah dikendalikan. Jika tidak hati-hati, bisa saja mobil terpeleset / spin karena sesuatu hal. Untuk itu perlu kiranya menurunkan kecepatan kendaraan disaat hujan.

2. Jaga jarak dengan kendaraan didepan
Curah hujan yang turun bisa mengurangi jarak pandang saat mengemudi. Selain itu, curah hujan dan titik air yang menempel di kaca kendaraan akan menghalangi pandangan ke sekitar. Dengan menjaga jarak kendaraan lebih jauh dibanding saat tidak hujan, kita bisa mengantisipasi hal yang mungkin terjadi, seperti menghindari lubang, melakukan pengereman dan sebagainya.
3. Jangan mengerem mendadak
Pada saat mengerem mendadak, ada kemungkinan roda terkunci. Dengan kondisi jalan yang basah dan licin, hal ini akan mempermudah ban menjadi tidak menggelinding di permukaan jalan. Jika hal ini terjadi maka kendaraan menjadi susah dikendalikan dan berbahaya. Untuk itu sebisa mungkin menghindari mengerem mendadak.
4. Konsentrasi dan waspada dengan sekitar
Ketika hujan sedang turun, area sekitar menjadi lebih gelap. Air hujan yang turun dan menempel pada kaca membuat jarak pandang menjadi berkurang. Dengan alasan tersebut, dibutuhkan konsentrasi dan kehati-hatian yang lebih besar. Bila perlu, hindari hal-hal yang membuat konsentrasi menjadi berkurang, seperti menggunakan telepon dan lainnya. Apabila kondisi sudah lelah, sebaiknya menepi untuk istirahat sejenak, untuk mengembalikan kondisi fisik tubuh.
5. Nyalakan lampu
Menyalakan lampu kota atau lampu besar pada saat hujan sangat dianjurkan. Hal ini akan memudahkan bagi pengemudi untuk melihat kondisi jalan. Hal yang lebih penting dengan menyakan lampu adalah memberitahukan keberadaan kendaraan tersebut. Baik yang ada di depan saat berpapasan, maupun yang ada di belakang. Hal ini bisa mencegah terhadap hal-hal yang tidak diinginkan.
Demikian tadi hal penting saat mengemudi di kala hujan. Semoga bermanfaat !

Comments

Popular posts from this blog

Benefit wireless charging

Cara Periksa Magnetic Clutch atau Kopling Magnet

Lampu FOG (lampu kabut)