Fitur audio mobil terkini

Saat perjalanan menggunakan mobil, hampir setiap orang membutuhkan kenyamanan. Salah satu kenyamanan adalah adanya audio yang terpasang pada mobil. Awalnya audio mempunyai fitur yang sangat terbatas, seperti menu radio dan cassete player. Tetapi seiring perkembangan teknologi dan sebagai pendukung life style bagi pemiliknya, fitur tersebut dikembangkan.
Berikut adalah beberapa fitur audio mobil terkini :
audio mobil terkini


1. Voice command
Fitur ini memungkinkan pengemudi dapat mengoperasikan menu yang terdapat di audio hanya dengan perintah suara. Sebagai contoh jika pengemudi ingin memainkan radio, maka hanya dengan perintah / kata " radio", maka radio dapat dimainkan.
2. Navigasi
Fitur navigasi berguna untuk menunjukkan rute, lokasi fasilitas umum terdekat, atau posisi koordinat kendaraan saat ini. Dengan fitur navigasi yang sudah terintegrasi dengan audio mobil, pengemudi sangat terbantu ketika berada pada tempat yang belum pernah dilalui sebelumnya.
3. Bluetooth
Fitur bluetooth memungkinkan audio mobil dapat terhubung dengan gadget pengemudi. Sebelum menggunakan fitur ini, terlebih dahulu aktifkan fitur bluetooth di gadget dan audio, lalu dilakukan pairing / pengenalan keduanya. Ketika pairing sudah berhasil, maka fitur bluetooth dapat digunakan. Salah satunya untuk menerima panggilan telepon. Beberapa jenis audio mobil dapat memainkan file audio yang ada di gadget secara wireless.
4. Wifi receiver
Dengan fitur wifi receiver yang terdapat dalam audio mobil, pengemudi dapat melakukan koneksi internet. Fitur ini sangat berguna bagi penumpang untuk terhubung ke sosial media atau hanya sekedar browsing. Pastikan koneksi wifi audio dan gadget sudah di aktifkan terlebih dahulu dan sudah di pairing.
5. Aux in dan USB
Dengan fitur aux in dan USB, pengemudi mempunyai keleluasaan saat akan menghubungkan gadget dengan audio kendaraan. Ini memungkinkan pengemudi dapat memainkan file audio, video yang tersimpan di gadget maupun flashdisc ke unit audio.
6. Air gesture
Fitur air gesture akan mempermudah pengemudi saat akan memindah menu tanpa menyentuh tombol atau layar audio. Saat fitur air gesture aktif, pengemudi tinggal menggerakkan tangan ke kanan atau ke kiri di depan sensor, maka menu/ tampilan di audio akan berubah.
7. Gesture guide
Menu audio terkadang dapat dioperasikan dengan meletakkan jari ke layar, lalu menggerakkan ke arah atas & bawah atau ke arah kanan & kiri. Fitur ini dinamakan gesture guide. Beberapa audio mobil menyertakan fitur ini untuk mempermudah dalam memillih menu. Tersedia pilihan penggunaan gesture guide, mulai dari satu jari sampai 4 jari.
8. Layar touch screen
Audio kendaraan sekarang, banyak yang sudah dilengkapi layar sentuh (touch screen). Layar tidak hanya sebagai output / tampilan, tetapi juga berfungsi sebagai input / tombol. Fitur ini menawarkan sensasi yang sedikit berbeda dibanding tombol sesungguhnya. Beberapa type audio dapat menampilkan tampilan keyboard dilayar, sehingga pengguna dapat menuliskan sesuatu semisal pesan sms.
9. Teknologi DLNA (digital living network alliance)
Dengan teknologi DLNA, file yang terdapat dalam gadget (foto, audio, dan video) dapat ditampilkan / dimainkan di audio kendaraan. Pengguna cukup mengkoneksikan gadget dengan audio mobil (melalui jaringan wifi). Jika sudah terkoneksi, file yang tersimpan di gadget akan ditampilkan di layar audio mobil untuk dapat dimainkan.
Hal-hal tersebut diatas adalah beberapa fitur audio mobil terkini. Setiap jenis dan grade kendaraan mempunyai kelengkapan yang berbeda. Silahkan tanyakan ke dealer penjual atau lihat di pedoman reparasi. Semoga bermanfaat!

Comments

Popular posts from this blog

Benefit wireless charging

Cara Periksa Magnetic Clutch atau Kopling Magnet

Lampu FOG (lampu kabut)