Fitur pada power sliding door

Pada power sliding door pembukaan dan penutupannya dibantu oleh motor. Dengan cara ini, penumpang tidak perlu lagi menarik atau mendorong pintu saat akan membuka atau menutupnya. Hal ini memberikan kemudahan bagi penumpang baris ke dua ketika akan masuk dan keluar mobil.
Karena power sliding door ini digerakkan oleh motor, maka terdapat beberapa fitur dalam pengoperasiannya. Power sliding door dapat dilengkapkan pada semua sliding door, atau hanya salah satu saja, tergantung merk dan grade dari mobil tersebut. Apa saja fitur pada power sliding door, simak berikut ini :
fitur power sliding door
1. Auto opener
Fitur ini akan membuka power sliding door secara otomatis saat fitur power sliding door diaktifkan. Power sliding door dapat operasikan dari handle pintu luar, handle pintu dalam, switch power sliding door dan secara wireless dengan menggunakan transmitter/ remote. Khusus untuk pengoperasian dari handle dalam, jika posisi child lock dalam keadaan aktif, maka pembukaan sliding door akan dicegah.
2. Auto closer
Fitur ini akan menutup power sliding door secara otomatis saat fitur power sliding door diaktifkan. Power sliding door dapat operasikan dari handle pintu luar, handle pintu dalam, switch power sliding door dan secara wireless dengan menggunakan transmitter/ remote.
3. Jam protection
Jam protection berfungsi sebagai pengaman untuk menggerakkan power sliding door berlawanan arah lalu berhenti. Jam protection akan aktif ketika sistem mendeteksi objek yang terjepit pada saat menutup, atau adanya objek yang menghalangi saat pintu sedang membuka. Beberapa model menggunakan touch sensor sebagai deteksinya, beberapa menggunakan deteksi arus listrik pada motor.
4. Suspended control
Fitur ini akan membatalkan kerja dari power sliding door pada saat sedang beroperasi. Ketika fitur power sliding door sedang membuka atau menutup, lalu handle pintu sisi dalam maupun sisi luar ditarik, akan membatalkan kerja dari power sliding door. Untuk melanjutkan, slinding door ditutup atau dibuka secara manual.
5. Brake / clutch control
Fitur ini akan mengontrol kecepatan pembukaan dan penutupan sliding door pada saat dibuka atau ditutup secara manual (saat main switch dalam keadaan off). Semisal saat membuka sliding door di jalan yang menanjak, sliding door cenderung terbuka dengan cepat oleh beratnya sendiri. Dengan fungsi ini kecepatan gerakan sliding door dibatasi.
6. Fuel lid interlock
Fitur ini akan mencegah power sliding door terbuka penuh pada saat tutup pengisi bahan bakar dalam keadaan terbuka. Fitur ini hanya pada sliding door sisi yang terdapat pengisian tanki bahan bakar. Hal ini akan mencegah agar tidak terjadi benturan antara tutup pengisi bahan bakar dengan pembukaan sliding door.
7. Slide open /close speed control
Control ini akan memperlambat pembukaan dan penutupan power sliding door saat sudah mulai menutup dan saat akan terbuka penuh.
8. Intermitten clutch control
Memungkinkan power slding door dapat bergerak dengan kecepatan rendah pada saat terdapat kerusakan pada sensor pulsa ketika sliding door dalam keadaan terbuka atau tertutup.
9. Slide door closer
Fitur ini berguna saat kita menutup power sliding door secara manual. Ketika sliding door sudah mulai menutup, maka closer motor akan menarik sliding door ke posisi menutup penuh. Dengan cara kita tidak perlu mendorong sliding door dengan tenaga agar dapat menutup rapat.
Beberapa hal diatas adalah fungsi dan fitur yang terdapatpada power sliding door. Beberapa merk dan jenis mobil bisa saja mempunyai fitur dan control yang berbeda. Fitur dan fungsi tersebut dibuat untuk keamanan dan kenyamanan selama mengoperasikan power sliding door. Semoga bermanfaat!

Comments

Popular posts from this blog

Benefit wireless charging

Cara Periksa Magnetic Clutch atau Kopling Magnet

Lampu FOG (lampu kabut)