Fitur yang bermanfaat pada kursi jok mobil

Kursi jok mobil mempunyai peran yang sangat penting. Kursi jok harus mampu menopang berat penumpang. Disatu sisi, kursi jok harus mampu meredam setiap kejutan yang diakibatkan oleh permukaan jalan yang tidak rata. Dengan cara ini kenyamanan penumpang atau pengemudi dapat terjaga selama berkendara. Saat ini telah dikembangkan teknologi pada kursi jok untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan saat berkendara. 
fitur kursi jok mobil
Apa saja fitur pada kursi jok mobil, simak berikut ini :


1. Aktif head rest system
Head rest dipasangkan sebagai sandaran kepala. Beberapa head rest dilengkapi dengan penyetel ketinggian untuk menyesuaikan dengan ketinggian pengemudi. Ada teknologi aktif head rest system untuk melindungi pengemudi dari cidera leher saat mobil ditabrak dari belakang. Sistem ini sedikit menaikkan headrest dan menahan kepala dari gaya ke belakang. Dengan cara ini cidera leher dan kepala pengemudi atau penumpang dapat diminimalisir.
2. Auto adjuster seat
Pada beberapa jenis mobil terdapat power seat control. Fitur ini mempermudah dalam mengatur posisi tempat duduk sesuai dengan postur duduk pengemudi / penumpang. Dengan pengaturan auto adjuster seat, pengemudi atau penumpang depan dapat duduk dengan nyaman saat berkendara. Cukup tekan tombol pada power seat control, maka motor power seat akan bekerja. Terdapat beberapa pilihan auto adjuster seat yaitu :
a. Seat Slide
Fitur seat slide untuk mengatur posisi kursi jok ke arah maju atau mundur. Penyetelan ini berguna untuk mengatur jarak antara kursi jok dengan posisi injakan pedal gas, pedal rem dan juga posisi roda kemudi.
b. Reclining
Fitur reclining digunakan untuk mengatur posisi sandaran kursi jok kearah depan atau belakang.
c. Front vertical:
Fitur front vertical digunakan untuk mengatur ketinggian sisi depan dari kursi jok.
d. Seat lifter (rear vertical)
Berfungsi untuk mengatur ketinggian kursi jok secara keseluruhan menyesuaikan dengan postur ketinggian pengemudi.
3. Ottoman function
Pada beberapa mobil premium, pada kursi jok baris kedua atau ke tiga dilengkapi dengan ottoman function. Bedanya dengan kursi jok biasa adalah dilengkapinya sandaran betis, untuk menambah kenyamanan, yang dapat diatur ketinggiannya. Pada beberapa model juga ditambahkan dengan fitur pijat elektrik. Tersedia berbagai pilihan mode pijatan, area dan kecepatan pijatan. Fitur ini dapat meningkatkan kenyamanan penumpang saat bepergian.
4. Seat temperature
Fitur ini berfungsi untuk mengatur temperatur kursi jok mobil. Tersedia pilihan untuk menghangatkan atau mendinginkan kursi jok mobil. Hal ini tentunya menambah kenyamanan saat berkendara.
5. Isofik
Fitur isofik sangat berguna bagi Anda yang membawa anak kecil / balita pada saat perjalanan. Kursi jok dengan fitur isofik dapat digunakan untuk menaruh dan mengikatkan kursi bayi. Anda cukup mengaitkan kursi bayi ke bagian isofik, dan mengikatkan safety belt melewati kursi bayi tersebut, dan bayi Anda akan lebih aman selama perjalanan. Biasanya kursi isofik tersedia di kursi baris ke dua, karena memang posisi ini lah yang paling tepat dan paling aman untuk anak kecil.
6. Captain seat
Captain seat satu tempat duduk untuk satu orang. Captain seat biasanya diletakkan pada kursi baris ke dua atau ke tiga. Pada umumnya kursi baris ke dua dapat memuat 3 penumpang , dengan captain seat ini hanya dapat digunakan untuk dua penumpang. Penggunaan captain seat dapat meningkatkan kenyamanan saat duduk, karena posisi duduk dapat diatur sedemikian rupa menyesuaikan dengan keinginan penumpang. Beberapa tipe dilengkapi dengan arm rest, pengaturan side support untuk bagian head rest dan lain-lain.
Beberapa hal diatas adalah fitur teknologi pada kursi jok mobil. Dengan fitur-fitur tersebut, tentunya dapat menambah kenyamanan dan keamanan selama di perjalanan. Perlu diingat bahwa masing-masing merk dan type mobil mempunyai fitur dan penamaan yang berbeda. Semoga bermanfaat !

Comments

Popular posts from this blog

Benefit wireless charging

Cara Periksa Magnetic Clutch atau Kopling Magnet

Lampu FOG (lampu kabut)